Beranda

Tentang Pengadilan

Layanan Publik

Layanan Hukum

Berita

JDIH

Hubungi Kami

Reformasi Birokrasi

Berita Kegiatan Pengadilan

Rabu, 01 Juni 2022

Ketua Pengadilan Negeri Blitar Bapak Ary Wahyu Irawan, S.H.,M.H. beserta Ibu menghadiri Upacara Budaya Grebeg Pancasila di Aloon - aloon Kota Blitar yang dilanjutkan dengan Kirab Gunungan Limo menuju Makan Bung Karno dan diakhiri dengan Kenduri Pancasila.
Acara yang dipimpin Walikota Blitar Bapak Drs. H. Santoso, M.Pd., tersebut dihadiri Bupati Blitar Ibu Rini Syarifah serta dihadiri oleh seluruh jajaran Forkopimda kota Blitar.

Grebeg Pancasila merupakan kearifan lokal Kota Blitar yang dilaksanakan setiap tahun untuk memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal 01 Juni.
Acara tersebut sekaligus membuka agenda Bulan Bung Karno di Kota Blitar. Upacara diawali dengan pemutaran rekaman pidato Bung Karno yang berkumandang bersama sendratari Ketawang Ibu Pertiwi, kemudian disusul masuknya prosesi Gunungan Limo yang dibawa dalam iring-iringan gendhing Lancaran bela Pancasila. Penyerahan Gunungan Limo dilakukan di kompleks Makam Bung Karno dimana kemudian Gunungan Limo dibagikan kepada masyarakat.
Kenduri Pancasila berupa doa syukur dan makan bersama hasil bumi yang diarak dalam gunungan.
Upacara Grebek Pancasila rutin dilakukan setiap tahun, bahkan sebelum ditetapkannya tanggal 1 Juli sebagai hari lahir Pancasila, sebagai bentuk syukur atas lahirnya Pancasila yang telah menyatukan keragaman bangsa dan budaya dalam suatu kebhinekaan yang indah.