Beranda

Tentang Pengadilan

Layanan Publik

Layanan Hukum

Berita

JDIH

Hubungi Kami

Reformasi Birokrasi

Berita Kegiatan Pengadilan

 Rapat Tinjauan ManajemenRapat Tinjauan Manajemen (RTM) di Pengadilan Negeri Blitar kelas IB. Pada hari Senin, tanggal 12 Juni 2017 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Blitar Kelas IB dilaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, para Pejabat Kepaniteraan, para Pejabat Kesekretariatan, para Panitera Pengganti dan Jurusita / Jurusita Pengganti serta karyawan / karyawati Pengadilan Negeri Blitar Kelas IB. Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang dilaksanakan mempunyai tujuan sebagai pedoman agar sistem manajemen mutu berjalan efektif.

Sesuai dengan surat keputusan nomor: 1639/DJU/SK/OT01.1/9/2015 tentang penilaian dan penjaminan mutu pengadilan negeri dan pengadilan tinggi seluruh indonesia sesuai sertifikasi ISO 9001:2008 untuk itu semua warga Pengadilan Negeri Blitar Kelas IB telah berkomitmen bersama membangun sebuah sistem dalam meningkatkan performa / kinerja Peradilan Indonesia yang unggul / Prima (Indonesia Court Performance Excellent – ICPE).

Dalam sambutannya, Agung Purbantoro, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Blitar Kelas IB, memberikan pemaparan mengenai tugas dan tanggung jawab masing-masing unit kerja dalam menjamin sistem yang dilaksanakan secara efektif pada semua fungsi dan berkesinambungan serta meningkatkan kesadaran / pemahaman kepada pegawai dalam sistem manajamemen mutu sehingga terwujudnya Pengadilan Negeri Blitar Kelas IB sebagai badan peradilan yang agung.

Tinjauan manajemen merupakan suatu proses evaluasi terhadap kesesuaian dan efektifitas pelaksanaan sitem manajemen mutu, dengan cara melakukan pembahasan secara berkala dengan melibatkan berbagai pihak yang terkait.

Dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) tersebut terdapat beberapa agenda tinjauan manajemen yang berkaitan dengan:

  1. Hasil-hasil audit (eksternal dan internal)
  2. Umpan balik pengguna pengadilan
  3. Sasaran mutu
  4. Hasil analis kinerja proses
  5. Hasil analis proses
  6. Status tindakan koreksi dan pencegahan
  7. Hasil tindak lanjut tinjauan manajemen terdahulu
  8. Saran / usulan perbaikan dari berbagai pihak
  9. Perubahan yang dapat mempengaruhi sistem managemen mutu

Dan dari hasil Rapat Tinjauan Manajemen tersebut berkaitan dengan tindakan:

  1. Peningkatan sitem manajemen mutu dan proses
  2. Peningkatan produk terkait pengguna layanan penggadilan
  3. Sumber daya yang diperlukan

Dari Hasil Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) tersebut dibuatkan notulen dan salinannya dibagikan kepada pihak yang terkait. Perlu diketahui bahwa hasil tinjauan manajemen tersebut dipakai sebagai acuan untuk melakukan tindakan perbaikan selanjutnya. (yan)