Beranda

Tentang Pengadilan

Layanan Publik

Layanan Hukum

Berita

JDIH

Hubungi Kami

Reformasi Birokrasi

Berita Kegiatan Pengadilan

 Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT MA-RI ke 71Pada hari Jum’at, tanggal 19 Agustus 2016, pukul 07.00 WIB, Keluarga besar Pengadilan Negeri Blitar dan Pengadilan Agama Blitar melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia Ke 71 yang bertempat di halaman depan Gedung Pengadilan Negeri Blitar Jl. Imam Bonjol No. 68 Blitar. Upacara ini diikuti oleh Para Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, seluruh pegawai, honorer dari Pengadilan Negeri Blitar dan Pengadilan Agama Blitar serta Anggota Dharmayukti Karini Cabang Blitar.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Ketua Pengadilan Negeri Agama Blitar, Bapak Drs. H. Suyudi, S.H., M.Hum. membacakan Pidato Tertulis dari Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H. dengan Tema: “PENGUATAN AKUNTABILITAS PERADILAN DALAM RANGKA MENGGAPAI KEMBALI KEPERCAYAAN PUBLIK”.

Inti dari Pidato Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia adalah ada dua amanah yang harus dijaga oleh segenap lembaga peradilan dan aparaturnya, Pertama, Segenap aparatur peradilan mampu menjaga perilakunya, perilaku adalah cerminan nilai-nilai yang hidup dalam satu organisasi, maka tidaklah berguna semua kebijakan pemimpin Mahkamah Agung, apabila dari waktu ke waktu masih ada saja aparatur peradilan yang tidak hanya gagal memenuhi pedoman perilaku yang berlaku, namun justru terlibat dalam tindak pidana itu sendiri dan memperdagangkan keadilan. Kedua, Pengadilan Tingkat Banding dapat melaksanakan tugasnya menjadi kawal depan (voorpost) Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam menerapkan dan mengawasi Kebijakan Mahkamah Agung Republik Indonesia Dengan telah terlaksananya pemekaran organisasi di Pengadilan Tingkat Pertama dan Pengadilan Tingkat Banding, tidak ada alasan lagi bagi Pengadilan Tingkat Pertama dan Pengadilan Tingkat Banding untuk tidak memiliki sistem Pengawasan yang lebih terkoordinasi dan efektif.

Sebagai kawal depan Mahkamah Agung Republik Indonesia, Pengadilan Tingkat Banding diharapkan dapat meningkatkan pembinaan dan pengawasan kepada satuan kerja di wilayahnya, sehingga dapat lebih menekan perilaku menyimpang dari aparaturnya.

Foto lainnya klik disini