Beranda

Tentang Pengadilan

Layanan Publik

Layanan Hukum

Berita

JDIH

Hubungi Kami

Reformasi Birokrasi

Berita Kegiatan Pengadilan

Selamat Hari Guru Nasional Ke-75 25 Nopember 2020Penetapan Hari Guru Nasional berkaitan dengan riwayat berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang berawal pada tahun 1912 dengan sebutan Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB), yang kemudian berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada tahun 1932. Setelah Indonesia merdeka diselenggarakan Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November 1945 di Surakarta, setelah sebelumnya segala bentuk organisasi dilarang pada masa kependudukan Jepang. Dalam kongres tersebut, dibentuklah organisasi PGRI untuk mewadahi semua guru di Indonesia yang kemudian diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Keppres tersebut menetapkan berdirinya PGRI sekaligus sebagai Hari Guru Nasional.

Tema Hari Guru Nasional ke-75 Tahun 2020 ini, yaitu "Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar".

Adapun logo peringatan Hari Guru Nasional, yaitu berbentuk hati dengan warna ungu, biru, merah muda, oranye, biru laut, hijau, merah, dan hijau muda. Ilustrasi dalam logo menggambarkan semangat belajar yang tetap menyala di tengah kondisi pandemi saat ini. Pada logo, terdapat 4 orang anak yang mencerminkan figur pak guru, ibu guru, serta siswa dan siswi yang sedang memakai masker. Seluruh figur digambarkan tetap ceria meskipun menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kemudian, ada gambaran tentang pemanfaatan teknologi yang ditandai dengan simbol-simbol. Mulai dari WiFi, laptop, telepon selular, serta aplikasi telekonferensi sebagai alat penunjang kegiatan belajar mengajar yang memiliki relevansi kuat dengan kondisi saat ini.
Sementara bentuk hati, menggambarkan seluruh komponen pendidikan. Mulai dari guru, murid, hingga orangtua yang bersinergi daa. menciptakan semangat belajar yang merdeka dan penuh cinta.
Logo peringatan HGN 2020 ini merupakan desain karya Teguh Prasongko E., pemenang sayembara logo Hari Guru Nasional yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. (red.)