Beranda

Tentang Pengadilan

Layanan Publik

Layanan Hukum

Berita

JDIH

Hubungi Kami

Reformasi Birokrasi

Berita Kegiatan Pengadilan

Selasa, 10 Nopember 2020, bertempat di halaman Pengadilan Negeri Blitar, dilaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional. Upacara dilaksanakan secara khidmat, tertib dan sederhana dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hari Pahlawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 10 November pada setiap tahunnya ini didasarkan atas Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur, pada saat upacara bendera juga dilaksanakan Hening Cipta secara serentak selama 60 detik yang dimulai pada pukul 08.15 (waktu setempat) di seluruh Indonesia. Upacara dilaksanakan pukul 07.30 WIB dengan pembina upacara Ketua Pengadilan Negeri Blitar,  A.A. GD. Agung Parnata, S.H., C.N., dengan diikuti oleh seluruh Pegawai pada Pengadilan Negeri Blitar. Hadir pula dalam upacara ini Pengurus/Anggota Dharmayukti Karini Cabang Blitar.

Peringatan Hari Pahlawan diselenggarakan  untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan negara Republik Indonesia. Melalui peringatan ini diharapkan dapat membangun ingatan kolektif bangsa untuk kemudian menggugah kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari, memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Seperti dilansir dalam Buku Pedoman Hari Pahlawan 2020 yang diterbitkan oleh Kementerian Sosial RI, Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap tanggal 10 Nopember saja, namun lebih dari itu, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah rela mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kita semua.  Hal ini sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2020 “PAHLAWANKU SEPANJANG MASA”.  Tema tersebut dipilih dengan pertimbangan, dulu kata ‘pahlawan’ identik dengan para pejuang yang melawan penjajah untuk menghantarkan Negara Indonesia menuju ke depan pintu gerbang kemerdekaan, saat ini, pengertian dari ‘pahlawan’ tersebut dapat dipahami sebagai sosok panutan yang dapat membawa perubahan serta memberikan kontribusi positif dalam berbagai sisi.

Dilansir dari sumber yang sama, apa yang telah dilakukan oleh Pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti: kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia.

Meskipun di situasi pandemi covid-19, Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 diharapkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta membantu sesama yang membutuhkan sesuai kemampuan dan profesi di bidang masing-masing. (red)